Minggu, 22 Mei 2011

Manfaat Susu Kambing

SUSU KAMBING

Susu kambing merupakan sumber protein terbaik setelah telur dan hampir setara dengan ASI. Bahkan di daerah kering dan tandus seperti Afrika dan sebagian India, masyarakatnya mengandalkan susu kambing untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.
Sejak ribuan tahun yang lalu, susu kambing sudah sering digunakan sebagai pengobatan dan pencegah penyakit. Beberapa macam penyakit yang mampu disembuhkan, diantaranya : alergy, asma, gangguan pernafasan, kolesterol, asam urat, diabetes dll.
KOMPOSISI SUSU KAMBING
Sumber : Hasil Penelitian Vateriner Bogor
Beberapa Keunggulan susu kambing dibanding susu sapi :
- Kadar Fluorine susu kambing 10-100 kali lebih besar dibanding susu sapi yang bermanfaat sebagai anti septik alami dan dapat membantu menekan pembiakan bakteri di dalam tubuh.
- Bersifat basa (alkaline food) sehingga aman dikonsumsi dan bermanfaat bagi tubuh.
- Proteinnya lembut dan efek laksatifnya sedikit, sehingga tidak menyebabkan diare.
- Lemaknya mudah dicerna, karena mempunyai tekstur yang lembut dan halus dibandingkan dengan susu sapi.
- Kandungan Sodium (Na), Fluorine (F), Kalsium (Ca), Fospor (P), yang dominan sangat baik untuk kesehatan manusia.
- Susu kambing berwarna putih bersih dan tidak berbau amis.
- Susu Kambing lebih hieginis.
Beberapa Manfaat Susu Kambing :
- Menyembuhkan reaksi-reaksi alergi pada kulit, saluran napas dan pencernaan
- Menyembuhkan berbagai kelainan ginjal serta asam urat
- Menyembuhkan reumatik, mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis)
- Menambah vitalitas dan daya tahan tubuh
- Mengatasi impotensia dan gairah seksual bagi pria maupun wanita
- Menurut penelitian di Amerika terbukti mempunyai efek anti kanker
- Membantu pencernaan dan menetralisir asam lambung
- Membantu menyembuhkan penyakit migren dan vertigo.
- Menyembuhan penyakit paru seperti asma, TBC, serta infeksi pada paru-paru.
Susu kambing baik dikonsumsi oleh anak dan orang dewasa. Komposisi susu kambing lebih mendekati ASI, sehingga di beberapa negara susu kambing di pergunakan sebagai pengganti ASI terlebih bagi bayi-bayi yang alergi terhadap susu sapi.
Diantara jenis susu, susu kambing adalah satu-satunya susu yang paling banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia.
Susu Kambing ditengarai memiliki antiseptik alami dan diduga dapat membantu menekan pertumbuhan bakteri dalam tubuh karena mengandung fluorine 10 – 100 kali lebih besar dari susu sapi. Susu kambing juga memiliki protein dan efek laksatifnya rendah, sehingga tidak menyebabkan diare bagi yang mengkonsumsinya. (Moeljanto, Rini Damayanti dan Wiryanta, B.T. Wahyu, Tahun 2002, Khasiat dan Manfaat; Susu Kambing, Agromedia Pustaka, Depok).
Kandungan gizi dalam susu kambing dapat meningkatkan pertumbuhan bayi dan anak-anak serta membantu menjaga keseimbangan metabolisme, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, serta membantu pembentukan sel-sel darah dan jaringan tubuh. Disamping itu, kandungan berbgai mineral dalam susu kambing memperlambat osteoporosis. (Sodiq, A. Dan Abidin, Z.,Tahun 2002, Kambing Peranakan Etawa; Penghasil susu Berkhasiat Obat, Agromedia Pustaka Depok).
Butir-butir susu lemak kambing memang lebih kecil dibandingkan susu sapi. Susu kambing mudah diserap tubuh manusia, itu sebabnya dapat diminum oleh bayi diatas enam bulan, manula, dan baik bagi penderita radang usus. (Tabloid Mitra Bisnis, Minggu IV Mei 1999, Memelihara Peranakan Etawah lebih baik dari bunga Bank).
Tingkat keasaman susu kambing relatif basa, sehingga cocok untuk mereka yang mengalami gangguan perut dan pencernaan . Dalam kondisi lambung bersuasana asam, susu kambing bisa menetralkannya. (Harian Pikiran Rakyat, 15 Oktober `998, Susu Kambing Berkhasiat Bagi Perut)

1 komentar:

  1. Susu kambing ternyata bisa menyembuhkan vertigo, cocok ini saya minum susu kambing ini.

    BalasHapus